Monthly Archives: November 2008

To Do List : Now and then

Tahun baru sebentar lagi nih
Sungguh, saya tidak pernah menganggap moment ini sebagai sesuatu yang istimewa
Buat saya, pergantian tahun hanya berarti perubahan angka, dari satu menjadi dua
Seiringnya pertambahan itu, berarti usia saya pun bertambah banyak alias tua
Namun tetap, saya menikmati dengan sangat momen dimana angka satu dipulas merah dibulan satu
Tapi artinya tidak lebih dari bisa menikmati tidur lebih banyak walau ditemani bunyi sumbang trompet yang dibuat dari kertas kalender taun kemarin

Lebih dari sepuluh tahun yang lalu,todo1
Saya juga perempuan muda yang terkena imbas dari kebiasaan dari perempuan muda lainnya yang dibukukan dan dijadikan pedoman untuk menjadi sesosok gadis yang cantik sekaligus cerdas
Dan setiap akhir tahun, selalu ada edisi tahunan yang didalamnya kadang ada horoskop tahunan (panas dingin setiap membacanya-sambil berharap mudah-mudahan ketiban untung taun ini, dapet pacar ganteng misalnya), men of the year (yeah..jaman saya waktu itu anjasmara, gunawan, thomas djorgi masih jadi juara-lagi ganteng-gantengnya, sekelas nicholas saputra gitu lha kalo jaman sekarang) , dan tentunya ada TO DO LIST untuk Tahun Baru beberapa hari lagi

Terinspirasi dari situ, saya pun membuat beberapa wish list yang ditulis berjejer rapi di diary
Setiap pointnya dibuat melalui proses penggodokan yang memakan waktu berhari-hari, mana yang lebih utama, mana yang perlu, mana yang mendesak , hampir tidak jauh beda dengan list belanja bulanan setiap awal bulannya yang memang perlu dipikirkan masak-masak jika tidak ingin kebobolan dompet
Berangkat dari pikiran jika Tuhan adalah segalanya dan yang menjadikan saya ada, saya selalu menyimpannya di point nomor satu
Sama seperti Pancasila
1. Makin rajin Shalat alias ga bolong-bolong lagi (malu dongg…)
Saya malu jika saya rajin meminta banyak hal kepada Tuhan, masa tidak ada sama sekali ucapan terimakasih? jadi “terimakasih” itu disampaikan dalam doa-doa yang dimuat dalam ritual beribadah
To Do List yang mulia, pikir saya
Setelah urusan dengan Tuhan, turun satu tingkat ke masalah orang tua
2. Jangan sering-sering boongin Mamah & Papap
Maklum, hampir keseluruhan hidup saya kala itu masih tergantung kepada mereka, jadi ya kadang ada proyek fiktif untuk membiayai biaya nomat atau makan-makan bersama teman-teman, atau kadang ada manipulasi waktu dan tempat untuk menghindari kekhawatiran ibu
Ah, tapi percaya deh, mau bohong seperti apapun, orang tua kita sudah mengenal satelit GPS untuk tiap-tiap anaknya
3. Punya gebetan keren
No comment deh, maklum jaman muda
4. Melakukan dan mempelajari sesuatu yang baru
Misi dari tahun ke tahun yang selalu sama
Keluar dari zona nyaman dan melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah dilakukan dan bila pernah terpikirkan pun saya tidak memiliki keberanian untuk melakukannya
Dan masih ada beberapa list lagi yang saya tulis


Entah kapan, ritual menulis TO DO LIST ini berakhir
Saya mulai bosan untuk membuat target tanpa ada keinginan untuk menjadikannya suatu yang memang harus dicapai atau dikerjakan (kecuali poin 1 dan 2, saya sadar kalau itu tidak lagi seharusnya ada di wish list tapi lebih merupakan kewajiban)
Saya mulai menjalani hidup ini tanpa target
Saya hanya mengikuti kemana hidup ini mengalir tanpa kehilangan jati diri siapa saya sebenarnya


TO DO LIST saya saat ini hanya satu


Menjadi diri saya apa adanya


Dan sepertinya sampai tahun ini, list ini belum berubah meskipun sudah saya ceklist berkali-kali di kotak yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya untuk meyakinkan bahwa saya telah menjadi seseorang yang mencoba menjadi lebih baik dari tahun ke tahun

(Posting ini tanpa titik, mudah-mudahan tidak perlu memicingkan mata dan dibaca berulang-ulang untuk mengerti apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh saya)


a good night sleep

Setiap orang punya ritual tersendiri sebelum tidur. Ada yang nonton tivi sampai tertidur, ada yang minum susu hangat biar cepat gemuk, ada yang menyalakan lilin aroma terapi, ada juga yang menyalakan radio tape dan sayup-sayup terdengar lagu pengantar tidur. Semuanya harus dilakukan demi kenyamanan, ketenangan dan ketentraman istirahat yang semoga saja ditemani mimpi indah

Kalau saya mempunyai ritual buang air kecil, gosok gigi, cuci kaki dan membekal segelas besar air putih kedalam kamar. Selesai itu, saya akan menyiapkan handsfree, remote radio dan boneka beruang putih yang sangat-sangat hugable untuk menemani tidur. Handphone saya selipkan dibawah bantal, maksud hati apabila ada sms masuk atau tiba-tiba ada telepon masuk, bisa langsung saya jangkau dengan mudah alat tersebut, tapi pada kenyataannya, saya sangat mudah tertidur. Dalam waktu beberapa detik sebelumnya saya masih bisa membalas sms, tapi dalam sekejap, saya sudah kehilangan kesadaran alias tertidur. Sungguh, saya bukan orang yang sulit untuk tertidur, mata saya diprogram untuk tidur jam 10-11 malam pada weekdays, dan free time untuk weekend. Program dari otak ke mata saya untuk mengirim sinyal ngantuk sangat berfungsi dengan baik. Tapi terkadang, bila ada sedikit masalah yang mengganjal di kepala, mata saya tetap bertahan untuk terbuka, walaupun otak sudah lelah untuk berpikir. Kadang ketidak kompakan bisa terjadi ketika ada tekanan yang lebih besar daripada biasanya

Nah, misi saya kali ini adalah mengurangi ritual-ritual buruk yang biasanya sering saya lakukan sebelum tidur (oo..no..i won’t tell you) dengan tidak lupa berdoa sebelum tertidur dan tidak lagi membicarakan hal-hal yang penting dengan orang lain sesaat sebelum tidur, karena urusannya akan lebih penting dan sedikit rumit pada pagi harinya. Lalu diakhiri dengan menyingkirkan sejenak atau kalau bisa membuang jauh hal-hal yang berpotensi mengganggu waktu istirahat saya.

Selamat Tidur Inda


12.32 @ Sicilia

Sejauh apa kakiku melangkah bersama dengan kepergianku kali ini,
Hatiku tertinggal ditempatmu
Tempat yang sejak pertama aku melihatnya
Aku merasakan ada cinta disana

Selalu ingin cepat pulang ketika aku berjalan menjauh darimu
Hidupku akan lebih baik bila dekat denganmu
Dirimu, yang telah membuat tawa terdengar memiliki nyawa
Nyawa yang mengiringi kehidupan kita berdua

Kau bagaikan komidi putar yang berlakon dimalam hari,
Penuh dengan lampu berwarna-warni
Kemanapun aku bergerak, aku akan menemukan dirimu
Dan melihatmu adalah hal yang aku ingin lakukan setiap harinya

Untuk waktu yang akan kita lewati
Untuk masa yang akan kita hadapi
Untuk kebersamaan kita hari ini
Untuk selalu ada sampai kapanpun disini

I Love You and Will always be


Bandung Or Never

Kalo diusir dari Bandung, kamu mau pindah kemana?
Euh?
Pertanyaan yang mengusik ini saya terima tadi sore

Iseng dan nyeleneh tapi bikin saya berpikir juga  pada akhirnya

3956557-a_shop_at_jalan_braga-bandung

Pindah kmana ya?

Saya terlalu mencintai kota kecil ini
Kota yang tiap sudutnya menghadirkan sensasi yang luar biasa
Kota yang cocok untuk segala rasa
Sedih? Bandung paling cocok untuk ngelamun sore-sore
Bahagia dan Hip Hip Hurrey? Bandung mendukung untuk melampiaskan semuanya

Saya menyukai hal-hal yang ada didalamnya
Banyak kota yang telah saya singgahi, dari kota kecil yang masih menggunakan lampu teplok di rumah-rumahnya sampai kota yang sepertinya tidak pernah tertidur, lampu berwarna-warni membuat mata membelalak kagum
Tapi Bandung sudah menyihir saya dengan segala keindahan dan kesemerawutannya, membuat saya tetap mencintainya dengan masalah banjir, macet, udara yang tidak bersahabat dan hal-hal lainnya
Mungkin terdengar naif, tidak objektif atau bahkan bodoh, tapi ini kota dimana saya lahir, besar dan hidup didalamnya
Kota yang telah menghadirkan beribu-ribu kenangan dalam setiap jalannya, menyuguhkan tawa hangat dari siapapun

Jadi kalau suatu hari ada yang mengusir saya dari Bandung, saya hanya akan menganggapnya gila. Bagaimana mungkin melepaskan sesuatu yang kita cintai dan meninggalkannya begitu saja?

Ah, Inda gakan pergi kemana-mana ko
Dan ga perlu pindah kemana-mana,
Di Bandung aja..


Yoga,Halal atau Haram?

Inda, pa kabar?
Masih suka yoga?
di stop aja dulu, nunggu fatwa MUI

Itu isi SMS dari Teguh, seorang kawan yang tau pasti jadwal yoga saya setiap minggunyayoga
SMS nya saya terima tadi sore waktu keluar kantor. Hari ini memang jadwal saya untuk yoga, berhubung hujan juga cukup deras, jadi saya memutuskan untuk ikut kelas besok
Yoga ko pake fatwa MUI segala?emangnya kenapa? Pikiran saya langsung ke UU tentang Pornografi dan Pornoaksi. Mungkin Yoga dianggap porno kali ya?tapi masa iya orang berolahraga yoga dianggap ngasih tontonan porno?
Sampai di rumah, ternyata saya yang ketinggalan berita. Iseng-iseng saya nonton berita di TV (biasanya sore-sore waktunya nonton gosip, sekarang digeser bentar lah gosipnya), ternyata MUI kita “latah” gara-gara Malaysia udah ngeluarin fatwa haram untuk warganya berlatih yoga.
Katanya sih, Yoga mengandung unsur Hindu yang dikhawatirkan akan bercampur aduk dengan ritual Islam
Dan sekarang pihak MUI akan mengundang dan mendatangi tempat yoga
MUI bakalan meneliti apakah olahraga tersebut mengandung ritual, tindakan syirik atau mengandung ajaran yang tidak sesuai dengan tuntunan agama. Setelah mendapatkan masukan dari banyak pihak, MUI baru menentukan fatwa apakah olahraga tersebut diharamkan atau tidak

DUH!

Ribet ya?
Sekedar untuk menambah pengetahuan, dibawah ini saya ambil kutipan dari Kompas.com tentang yoga.
Yoga tuh sistem kesehatan menyeluruh (holistik) yang terbentuk dari kebudayaan India kuno sejak 3000 SM lalu. Yoga atau yuj dalam bahasa sansekerta kuno berarti union (penyatuan). Penyatuan antara atman dan brahman (yang maha kuasa). Intinya, dengan yoga seseorang dapat mengenal lebih baik tubuhnya, sekaligus Tuhannya.
Terdapat sembilan bentuk aliran yoga yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus para siswa yoga, yaitu: Jnana yoga, karma yoga, bhakti yoga, yantra yoga, tantra yoga, mantra yoga, kundailini yoga, hatha yoga, dan raja yoga.
Aliran yang banyak dipakai sekarang ini adalah hatha yoga atawa penyatuan melalui penguasaan tubuh dan napas.
Hatha adalah gabungan dua kata yaitu ha dan tha yang artinya adalah matahari dan bukan. Hatha yoga fokus pada teknik asana (postur), pranayama (olah napas), bandha (kuncian), mudra (gestur), serta relaksasi yang mendalam.
Tujuan hatha ini adalah menjaga keseimbangan alarm tubuh dengan mempraktikkan kelima prinsip yoga. Prinsip-prinsip tersebut adalah berlatih dengan teratur, bernapas dalam, pola makan yang seimbang, beristirahat cukup, berpikir positif, dan meditasi
Untuk pemula, diperlukan seorang yogi atau guru yoga sebagai pemandu. Yogi akan memandu para pemula, memberi pengetahuan tentang gaya hidup sehat, serta mampu memberi bimbingan ketika bermeditasi. Manfaat berlatih yoga adalah meningkatkan fungsi kerja kelenjar endokrin di dalam tubuh, meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sel tubuh dan otak, serta membentuk postur tubuh yang lebih tegap.
Tak cuma itu, yoga membuat otot lebih lentur dan kuat, meningkatkan kapasitas paru-paru saat bernapas, dan membuang racun dari dalam tubuh
Yoga juga memperlambat penuaan, memurnikan saraf pusat yang terdapat di tulang punggung, mengurangi ketegangan tubuh, pikiran dan mental, serta lebih kuat saat menghadapi stres
(Sumber: A. Syalaby Ichsan – Kompas.Com)

Ada unsur yang buruk kah?

Selama itu tidak dicampur aduk dengan ritual saya dalam beribadah, dan tidak sesuai dengan akidah agama yang saya anut, saya akan tetap yoga. Toh, niat saya ber-yoga hanya untuk berolahraga, melatih kelenturan, relaksasi rame-rame & belajar mencium lutut sambil berdiri (Yesss..akhirnya bisa juga)

Jadi, Jangan Lebay deeh…


Slow Motion

Bukannya aku tak mau,
Hanya aku tak ingin tidurku terganggu
Bayanganmu selalu mengejarku
Dan aku tak dapat begitu saja berlalu

Sore itu, langit mendung
Dan aku duduk melamun, sedikit menikmati dingin udara sore dari balik jendela
Tidak ada yang tersisa dari hati ini ketika menatap kosong kejalanan
Ingin merasakan sunyi, tapi semakin aku menginginkannya, semakin ramai duniaku berteriak
Air hujan perlahan turun dan menetes di atas kepala
Sebentar saja, waktu hidupku bergerak lambat…
Sekelibat masa lalu datang menyeruak..
Menarik diri kedalamnya
Aku ketakutan dan aku ingin berlari
Tapi aku lelah, dan tak bertenaga
Aku letih

Aku merasa telah melakukan sesuatu yang benar
Sesuatu yang mungkin bisa saja aku terima, tapi aku menolaknya
Aku menghadiahkan sebuah pelukan hangat untuk diriku sendiri
Sebuah ucapan selamat untuk keberanianku
Ini bukan soal siapa yang jadi terhebat
Tapi siapa yang paling bisa mengikuti kata hati

Hujan semakin lama semakin deras
Kawanannya datang beramai-ramai bersama angin dingin yang menusuk hati
Kurasakan sesak sesaat yang semakin lama semakin menyayat
“Mengapa aku mengalami ini lagi?”
Bukankah sudah ada kesepakatan dengan waktu yang akan menjadikan hari ini terasa cepat
Tapi mengapa waktu enggan bergerak dan terasa semakin lambat
Cepat..Cepat..
Aku takut rasa ini semakin mengikat dan tidak membawaku kemanapun

Bila memang ini sudah menjadi pilihanku, aku harap semuanya akan baik-baik saja
Aku menggenggam waktu, menjadikannya berjalan dengan kuasaku
Jadi,
aku akan berjalan, berpikir, menangis, berbahagia selama waktu yang aku mau
aku akan terjatuh, menangis, berduka, secepat kedipan mataku yang terselip debu didalamnya

Ketika letih terasa
Dan ragu menguasai raga
Beristirahatlah
selama yang kau mau
Sampai pada akhirnya kau akan merasa lega
Dan memulai melanjutkan lagi langkah





Holland to Georgia

i_love_you_comment_graphic_121

Ternyata mereka pun mencintaimu
Untuk mereka, kau seseorang yang bermetamorfosa dengan sempurna
Karena kebaikanmu,kau mendapatkan kehangatan rasa sayang yang selalu ada untukmu setiap saat

Ternyata mereka pun mencintaimu
Untuk mereka, kau seorang yang selalu berbagi bahkan ketika kau pun tidak tau
Karena kemurahanmu, kau mendapatkan kenyamanan dalam setiap persahabatan

Ternyata aku pun menyayangimu
Kau seorang yang membiarkan aku menjadi diriku sendiri
Tanpa ada keinginan untuk merubahku,
Karena kau mencintaiku apa adanya, bukan sebagaimana aku seharusnya

Ternyata aku pun mencintaimu,
Dan ketika kekurangan dan kelebihan kita disatukan bagai kepingan yang selama ini terpisah,
Dan keduanya saling melengkapi
Kesempurnaan akan terwujud

Semoga ini selalu ada

(Best weekend ever!mereka membuatku mengenalmu)