Muharram : Menabung untuk Iman

Bulan Muharram adalah bulan yang Istimewa

Bulan Muharram adalah bulan yang dimuliakan oleh ALLAH SWT. Empat bulan tersebut adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab

Sesungguhnya jumlah bulan di kitabullah (Al-Quran) ada duabelas bulan sejak Allah SWT menciptakan langit dan bumi. Empat diantaranya adalah bulan-bulan haram” (QS. At-Taubah :36)

Kata “Muharram” artinya dilarang, dan sebelum Islam hadir, pada bulan ini dikenal sebagai bulan suci. Maka pada bulan Muharram, dilarang untuk melakukan hal-hal seperti peperangan dan bentuk persengketaan lainnya.
Bulan Muharram memiliki keutamaan, sehingga bulan ini disebut bulan Allah (Syahrullah). Beribadah pada bulan harram, pahalanya dilipatgandakan dan bermaksiat dibulan ini, dosanya dilipatgandakan pula
Nah, berarti bulan ini bisa jadi momentum yang tepat untuk kita memperbanyak amal perbuatan kita. Lebih ikhlas dalam bershadaqah, menyantuni anak yatim, dan perbuatan baik lainnya. Mudah-mudahan hal ini akan terus berlanjut kebulan-bulan seterusnya, tidak hanya dibulan Muharram saja.

Dan Ibu, mengajak saya untuk berpuasa di tanggal 9-10 Muharram. Yang artinya itu adalah besok tanggal 6 dan 7 Januari 2009.  Dan tanpa ada pengetahuan mengapa kita menjalankan puasa ini, saya mengiyakan ajakan ibu. Tidak ada ruginya – pikir saya.

Dari pencarian yang saya lakukan ternyata saya mendapatkan beberapa poin dibawah ini :

  • Pada bulan Muharram ada satu hari yang dikenal dengan sebutan hari assyura. Orang-orang jahiliyah pada masa Pra Islam dan bangsa Yahudi sangat memuliakan hari ini. Hal tersebut dikarenakan pada hari itu ALLAH SWT menyelamatkan Nabi Musa a.s dari kejaran Firaun. Bersyukur atas karunia-Nya, Nabi Musa a.s berpuasa pada hari ini.
  • (1247) Abu Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda “Puasa yang paling utama sesudah puasa bulan Ramadhan adalah puasa dibulan Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam” (HR. Muslim)
  • Oleh karena itu Rasulullah saw. menganjurkan kepada umat Islam untuk melaksanakan shaum assyurra (shaum hari kesepuluh di bulan Muharram ditambah dengan shaum sehari sebelum atau sesudahnya
  • Al Iman Abu Daud meriwayatkan dalam Sunan nya dari Abu Qatadah ra.

وَصَوْمُ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ إنِّي أَحْتَسِبُ عَلَى اللّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَنَة َالتِيْ قَبْلَهُ
“Dan berpuasa di hari assyura, sungguh saya mengharap kepada Allah bisa menggugurkan dosa setahun yang lalu”

Dan ini keutamaan dari Puasa 10 Muharram :

  • Dari Ibnu Abbas r.a, Rasulullah saw. bersabda “Barang siapa yang berpuasa pada hari Aasyura (10 Muharram) maka Allah S.W.T akan memberi kepadanya pahala 10,000 malaikat dan barang siapa yang berpuasa pada hari Aasyura (10 Muharram) maka akan diberi pahala 10,000 orang berhaji dan berumrah, dan 10,000 pahala orang mati syahid, dan barang siapa yang mengusap kepala anak-anak yatim pada hari tersebut maka Allah S.W.T akan menaikkan dengan setiap rambut satu darjat. Dan barang siapa yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa pada orang mukmin pada hari Aasyura, maka seolah-olah dia memberi makan pada seluruh ummat Rasulullah S.A.W yang berbuka puasa dan mengenyangkan perut mereka.”
  • Lalu para sahabat bertanya Rasulullah S.A.W : “Ya Rasulullah S.A.W, adakah Allah telah melebihkan hari Aasyura daripada hari-hari lain?”. Maka berkata Rasulullah S.A.W : “Ya, memang benar, Allah Taala menjadikan langit dan bumi pada hari Aasyura, menjadikan laut pada hari Aasyura, menjadikan bukit-bukit pada hari Aasyura, menjadikan Nabi Adam dan juga Hawa pada hari Aasyura, lahirnya Nabi Ibrahim juga pada hari Aasyura, dan Allah S.W.T menyelamatkan Nabi Ibrahim dari api juga pada hari Aasyura, Allah S.W.T menenggelamkan Fir’aun pada hari Aasyura, menyembuhkan penyakit Nabi Ayyub a.s pada hari Aasyura, Allah S.W.T menerima taubat Nabi Adam pada hari Aasyura, Allah S.W.T mengampunkan dosa Nabi Daud pada hari Aasyura, Allah S.W.T mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman juga pada hari Aasyura, dan akan terjadi hari kiamat itu juga pada hari Aasyura !”

Jadi, mudah-mudahan kita menjadi manusia yang beruntung karena memiliki iman Islam dan Allah swt memberikan kesempatan untuk melaksanakan ibadah yang insya allah akan mempertebal iman kita.
Dan soal penghapusan dosa kecil setahun yang lalu, ya anggap saja kalau itu adalah sebuah bonus yang akan Allah berikan kepada kita pada akhirnya. Karena saya dan kita percaya bahwa tidak ada yang sulit untuk Tuhan pemilik semesta alam ini. Wallahu’alam

Allah SWT pun menjadikannya bulan ini Istimewa, mengapa kita tidak melakukan sesuatu yang Istimewa juga ?

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al Hasyr: 18)


Advertisements

About Inda Adimadja

Inda, frekuensi tertawa dan menggertunya sama banyak Inda, perempuan yang tergila-gila oleh langit,angin,matahai dan isinya Inda, menikmati hidupnya dengan jalan-jalan bersama keluarga Inda, memilih diam di rumah dan membaca di hari minggu yang terik Inda, menyukai persahabatan Inda, mencintai Tuhan dan Rassul nya Inda, menyayangi ayah,ibu,kakak,dan keponakannya Inda, menyukai semangka dingin Inda, sedang belajar mengenal Tuhan nya dengan caranya sendiri Inda, menyukai laki-laki yang pintar Inda, mudah tersinggung semudah senyum yang hadir dipipinya Inda, tidak keberatan dompetnya kosong untuk membeli buku Inda, senang menulis Inda, senang berbicara Inda, sering terkena sindrome moody Inda, hanya seorang Inda View all posts by Inda Adimadja

3 responses to “Muharram : Menabung untuk Iman

  • ruparuparumpi

    Ih…saya jadi malu sebagai manusia. Banyak dosa. Banyak Maksiat.. Hikz…But thanks udah ngingetin saya kalo tanggal 10 muharram which mean hari rabu nanti puasa. Hehehehe…bejat begini, boleh juga kan menjaring pahala? Diterima nggak ya? Insya Alloh lah…

    Mau puasa besok juga aaaaahh….

  • inda

    Hmm…
    Kalo menurut saya sih, yang menentukan kadar keimanan adalah sepenuhnya hak Tuhan. Manusia cuma bisa nilai luarnya aja, mungkin seseorang brasa dirinya bejat, tapi didalamnya kan ga tau?buktinya dia masih punya niatan untuk menjalankan sunnah? tul ga?
    Urusan diterima atau engganya, urusan blakangan deh kayanya..yang penting, kita nyoba aja dulu dengan sebaik-baiknya.
    Jadi, ayo kita menjaring pahala bersama-sama, mudah-mudahan barokah.
    Insya Allah

    Ketemu Saur besok yaaa…

  • ruparuparumpi

    Insya Alloh Hari ini saya puasaaaaa… 🙂

    Walo tadi nggak bangun sahur yang penting niatnya. Ooopss…alhamdulillah saya masih bisa sholat subuh. Huehehehe….ibu saya nelpon pagi2 buta, kangen sama anaknya (atau jangan2 malah karena tahu anaknya males bangun subuh?)

    Semoga kuat sampai nanti berbuka ya? karena terus terang, puasa sunnah begini, kerasa lebih berat karena banyak godaannya. Huehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: