Hadis Hari Ini – Catatan 1

Pagi ini,
Saya kesiangan bangun lagi
Padahal alarm saya masih berfungsi dengan baik.
Tapi jari sayapun sama bekerja dengan baiknya untuk memberhentikan bunyi alarm tersebut
Sesuai dengan lagu yang sering saya nyanyikan waktu kecil, pagi ini bangun tidur ku terus mandi, benar-benar dikerjakan
Ritual lagu ini sudah berlangsung hampir beberapa hari
Selesai mengeringkan rambut, berpakaian, saya langsung menyambar tas.
dan pergi berjuang melawan jalanan yang macet, kumpulan berupa-rupa manusia, kebisingan lalu lintas

Sambil menunggu sampai ditempat kerja,
Saya menyempatkan untuk membaca buku kecil yang sengaja selalu disimpan di tas
Hari ini pembatas buku sampai pada bagian yang judul chapternya adalah Banyak Jalan Kebaikan
Dan, Allah Maha Baik

Mata saya ditujukan pada sebuah hadis yang bunyinya seperti ini :

Abu Musa Al-Asy’ari ra. berkata :
Rasulullah saw. bersabda :
” Siapa saja yang selalu menjaga shalat Subuh dan Ashar niscaya ia                                                                      masuk surga.”
(Muttafaq’alaih)

Waduh,
Pukulan telak nih..
Mengingat selama ini saya paling rajin bolos shalat subuh
Banyak alasan yang saya cari-cari untuk pembenaran dari bolos ini dan akhirnya Shalat Subuh sering saya skip
Kalau saja saya punya catatan harian jadwal shalat, kolom shalat subuh mungkin yang paling banyak bolongnya.
Astagfirullahal’adzim

Allah memang selalu sayang sama saya

2658955843_4c07159e7e_m2

Allah mengingatkan saya untuk tidak lagi rajin membolos

Besok saya akan bangun lebih pagi

dengan niat yang lebih banyak, lebih kuat untuk membukakan mata dan mengambil air wudhu
dan menjalankan shalat subuh
Insya Allah

PS:
Ini ada tambahan sedikit bacaan, untuk lebih memotivasi kita supaya makin rajin shalat, terutama shalat subuh (diambil dari komunitassubuh.multiply.com)
Shalat Subuh merupakan satu di antara shalat wajib lima waktu yang mempunyai kekhususan dari shalat lainnya dan mempunyai keutamaan yang luar biasa. Pada saat inilah pergantian malam dan siang dimulai. Pada saat ini pula malaikat malam dan siang berganti tugas (HR Al-Bukhari).

Karenanya, beruntunglah mereka yang dapat melaksanakan shalat Subuh pada awal waktu sebab disaksikan oleh malaikat, baik malaikat yang bertugas pada malam hari maupun siang. Allah SWT berfirman: ”Dan dirikanlah shalat Subuh. Sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan (oleh para malaikat).” (QS Al-Isra’ [17]: 78).

Selain itu, shalat Subuh juga bisa menjadi penerang pada hari ketika semua orang berada dalam kekalutan (kiamat). Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, ”Berilah kabar gembira bagi orang-orang yang berjalan di kegelapan menuju masjid (untuk mengerjakan shalat Subuh) dengan cahaya yang terang benderang (pertolongan) pada hari kiamat.” (HR Abu Daud, Tirmidzi dan Ibn Majah).

Tak hanya itu, Allah pun telah menyiapkan pahala yang luar biasa bagi mereka yang membiasakan shalat Subuh tepat pada waktunya, yaitu mendapatkan pahala sebanding dengan melakukan shalat semalam suntuk. Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis, ”Barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah, maka seakan-akan dia telah melaksanakan shalat semalam suntuk.” (HR Bukhari).

Di antara hikmah dan alasannya adalah karena shalat Subuh merupakan shalat wajib yang paling ”sulit” dikerjakan pada awal waktu. Banyak di antara kita lebih memilih untuk tidur di atas kasur empuk dan selimut yang hangat. Padahal, seruan Allah (adzan) pada waktu Subuh telah memberitahukan kita bahwa shalat itu lebih baik daripada tidur.

Secara ilmiah, benar adanya bahwa bangun pagi dan melakukan shalat lebih baik daripada terus tidur. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Louis J Ignarro dan Ferid Murad, pembuluh darah manusia akan mengembang pada tengah malam terakhir sampai menjelang siang. Kemudian secara berangsur-angsur sekumpulan sel darah akan menggumpal pada dinding pembuluh sehingga terjadi penyempitan. Inilah yang mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Menurut peraih Nobel bidang Fisiologi dan Kedokteran tahun 1998 ini, ada cara alamiah yang bisa dilakukan oleh setiap orang, yaitu menggerakkan tubuh sejak pagi buta. Karena, penelitian mereka menunjukkan bahwa dengan menggerak-gerakkan tubuh, gumpalan sel tadi akan melebur bersama aliran darah yang terpompa dengan kencang pada saat bergerak.

WOW!!
Hayo…besok kita bangun lebih pagi, biar kita bisa shalat subuh dan insya allah lebih sehat
Kemonnnnn….

Advertisements

About Inda Adimadja

Inda, frekuensi tertawa dan menggertunya sama banyak Inda, perempuan yang tergila-gila oleh langit,angin,matahai dan isinya Inda, menikmati hidupnya dengan jalan-jalan bersama keluarga Inda, memilih diam di rumah dan membaca di hari minggu yang terik Inda, menyukai persahabatan Inda, mencintai Tuhan dan Rassul nya Inda, menyayangi ayah,ibu,kakak,dan keponakannya Inda, menyukai semangka dingin Inda, sedang belajar mengenal Tuhan nya dengan caranya sendiri Inda, menyukai laki-laki yang pintar Inda, mudah tersinggung semudah senyum yang hadir dipipinya Inda, tidak keberatan dompetnya kosong untuk membeli buku Inda, senang menulis Inda, senang berbicara Inda, sering terkena sindrome moody Inda, hanya seorang Inda View all posts by Inda Adimadja

One response to “Hadis Hari Ini – Catatan 1

  • ruparuparumpi

    saya juga “rajin” absen shalat subuh…

    Dan sepanjang hari rasanya berat untuk dijalani. Fffuhh…

    Oh ya, pagi ini saya shalat lho walo telat…(kata ustad nggak papa selama waktu subuh nggak dengar adzan – wallahu alam lah – yang penting saya niat)

    Dan entah kenapa tiap kali shalat subuh, wajah saya jadi rada putihan ya? :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: