Category Archives: Almighty GOD (ALLAH SWT)

Morning Feeling (Good Morning,Hubb..)

Pagi membuatmu menikmati hal ini
Lihat, Rasakan, dan Dengarkan

sunnyHanya dengan Pagi,
Kau akan melihat Matahari membuat langit gelap kembali menjadi berwarna
Menghantarkan para malaikat turun, menjejak tanah dan meninggalkan sisa langkah dalam daun berembun
Membawa nyawa untuk kembali dipersatukan dengan raga dan menjadikannya utuh
Seruan Tuhan diperdengarkan untuk memulai hari dengan bersyukur
Dengarkan…
Hal baik akan segera dimulai dari sekarang

Hanya dengan Pagi,
Kau akan merasakan dinginnya kesejukan angin yang mengizinkan kau untuk memeluk dirimu sendiri
Sebentar lagi, kau akan menatap langit diatas kepalamu, berharap akan untuk hari yang lebih baik
Sejumput rencana, keinginan, mimpi dan harapan akan kau bawa kedalam langkahmu dan dituntaskannya hari ini
Berdoalah…
Hal indah sudah ada dalam hatimu

Hanya dengan Pagi,
Kau akan mencium harum kopi hangat dan setangkup roti isi sebagai harum yang sangat kau nantikan
Kau akan melihat banyak kehangatan yang bisa kau bagi dengan orang yang kau sayangi dengan hanya kata-kata
“Selamat Pagi.May the day be with you”
dan lihatlah di langit, akan banyak doa terlepas seperti layaknya balon gas yang melayang bebas di udara
Bersiaplah…
Kau akan kembali menaklukan dunia hari ini

Buatku,
Hanya dengan Pagi
Tuhan sepertinya lebih dekat sejengkal denganku
dan aku bersyukur

PS :
Untuk Orang-orang yang selalu bangun siang, coba ga tidur terlalu malam dan coba bangun pagi.
Rasakan keajaiban pagi hari.

Advertisements

Hadis Hari Ini – Catatan 1

Pagi ini,
Saya kesiangan bangun lagi
Padahal alarm saya masih berfungsi dengan baik.
Tapi jari sayapun sama bekerja dengan baiknya untuk memberhentikan bunyi alarm tersebut
Sesuai dengan lagu yang sering saya nyanyikan waktu kecil, pagi ini bangun tidur ku terus mandi, benar-benar dikerjakan
Ritual lagu ini sudah berlangsung hampir beberapa hari
Selesai mengeringkan rambut, berpakaian, saya langsung menyambar tas.
dan pergi berjuang melawan jalanan yang macet, kumpulan berupa-rupa manusia, kebisingan lalu lintas

Sambil menunggu sampai ditempat kerja,
Saya menyempatkan untuk membaca buku kecil yang sengaja selalu disimpan di tas
Hari ini pembatas buku sampai pada bagian yang judul chapternya adalah Banyak Jalan Kebaikan
Dan, Allah Maha Baik

Mata saya ditujukan pada sebuah hadis yang bunyinya seperti ini :

Abu Musa Al-Asy’ari ra. berkata :
Rasulullah saw. bersabda :
” Siapa saja yang selalu menjaga shalat Subuh dan Ashar niscaya ia                                                                      masuk surga.”
(Muttafaq’alaih)

Waduh,
Pukulan telak nih..
Mengingat selama ini saya paling rajin bolos shalat subuh
Banyak alasan yang saya cari-cari untuk pembenaran dari bolos ini dan akhirnya Shalat Subuh sering saya skip
Kalau saja saya punya catatan harian jadwal shalat, kolom shalat subuh mungkin yang paling banyak bolongnya.
Astagfirullahal’adzim

Allah memang selalu sayang sama saya

2658955843_4c07159e7e_m2

Allah mengingatkan saya untuk tidak lagi rajin membolos

Besok saya akan bangun lebih pagi

dengan niat yang lebih banyak, lebih kuat untuk membukakan mata dan mengambil air wudhu
dan menjalankan shalat subuh
Insya Allah

PS:
Ini ada tambahan sedikit bacaan, untuk lebih memotivasi kita supaya makin rajin shalat, terutama shalat subuh (diambil dari komunitassubuh.multiply.com)
Shalat Subuh merupakan satu di antara shalat wajib lima waktu yang mempunyai kekhususan dari shalat lainnya dan mempunyai keutamaan yang luar biasa. Pada saat inilah pergantian malam dan siang dimulai. Pada saat ini pula malaikat malam dan siang berganti tugas (HR Al-Bukhari).

Karenanya, beruntunglah mereka yang dapat melaksanakan shalat Subuh pada awal waktu sebab disaksikan oleh malaikat, baik malaikat yang bertugas pada malam hari maupun siang. Allah SWT berfirman: ”Dan dirikanlah shalat Subuh. Sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan (oleh para malaikat).” (QS Al-Isra’ [17]: 78).

Selain itu, shalat Subuh juga bisa menjadi penerang pada hari ketika semua orang berada dalam kekalutan (kiamat). Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, ”Berilah kabar gembira bagi orang-orang yang berjalan di kegelapan menuju masjid (untuk mengerjakan shalat Subuh) dengan cahaya yang terang benderang (pertolongan) pada hari kiamat.” (HR Abu Daud, Tirmidzi dan Ibn Majah).

Tak hanya itu, Allah pun telah menyiapkan pahala yang luar biasa bagi mereka yang membiasakan shalat Subuh tepat pada waktunya, yaitu mendapatkan pahala sebanding dengan melakukan shalat semalam suntuk. Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis, ”Barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah, maka seakan-akan dia telah melaksanakan shalat semalam suntuk.” (HR Bukhari).

Di antara hikmah dan alasannya adalah karena shalat Subuh merupakan shalat wajib yang paling ”sulit” dikerjakan pada awal waktu. Banyak di antara kita lebih memilih untuk tidur di atas kasur empuk dan selimut yang hangat. Padahal, seruan Allah (adzan) pada waktu Subuh telah memberitahukan kita bahwa shalat itu lebih baik daripada tidur.

Secara ilmiah, benar adanya bahwa bangun pagi dan melakukan shalat lebih baik daripada terus tidur. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Louis J Ignarro dan Ferid Murad, pembuluh darah manusia akan mengembang pada tengah malam terakhir sampai menjelang siang. Kemudian secara berangsur-angsur sekumpulan sel darah akan menggumpal pada dinding pembuluh sehingga terjadi penyempitan. Inilah yang mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Menurut peraih Nobel bidang Fisiologi dan Kedokteran tahun 1998 ini, ada cara alamiah yang bisa dilakukan oleh setiap orang, yaitu menggerakkan tubuh sejak pagi buta. Karena, penelitian mereka menunjukkan bahwa dengan menggerak-gerakkan tubuh, gumpalan sel tadi akan melebur bersama aliran darah yang terpompa dengan kencang pada saat bergerak.

WOW!!
Hayo…besok kita bangun lebih pagi, biar kita bisa shalat subuh dan insya allah lebih sehat
Kemonnnnn….


Muharram : Menabung untuk Iman

Bulan Muharram adalah bulan yang Istimewa

Bulan Muharram adalah bulan yang dimuliakan oleh ALLAH SWT. Empat bulan tersebut adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab

Sesungguhnya jumlah bulan di kitabullah (Al-Quran) ada duabelas bulan sejak Allah SWT menciptakan langit dan bumi. Empat diantaranya adalah bulan-bulan haram” (QS. At-Taubah :36)

Kata “Muharram” artinya dilarang, dan sebelum Islam hadir, pada bulan ini dikenal sebagai bulan suci. Maka pada bulan Muharram, dilarang untuk melakukan hal-hal seperti peperangan dan bentuk persengketaan lainnya.
Bulan Muharram memiliki keutamaan, sehingga bulan ini disebut bulan Allah (Syahrullah). Beribadah pada bulan harram, pahalanya dilipatgandakan dan bermaksiat dibulan ini, dosanya dilipatgandakan pula
Nah, berarti bulan ini bisa jadi momentum yang tepat untuk kita memperbanyak amal perbuatan kita. Lebih ikhlas dalam bershadaqah, menyantuni anak yatim, dan perbuatan baik lainnya. Mudah-mudahan hal ini akan terus berlanjut kebulan-bulan seterusnya, tidak hanya dibulan Muharram saja.

Dan Ibu, mengajak saya untuk berpuasa di tanggal 9-10 Muharram. Yang artinya itu adalah besok tanggal 6 dan 7 Januari 2009.  Dan tanpa ada pengetahuan mengapa kita menjalankan puasa ini, saya mengiyakan ajakan ibu. Tidak ada ruginya – pikir saya.

Dari pencarian yang saya lakukan ternyata saya mendapatkan beberapa poin dibawah ini :

  • Pada bulan Muharram ada satu hari yang dikenal dengan sebutan hari assyura. Orang-orang jahiliyah pada masa Pra Islam dan bangsa Yahudi sangat memuliakan hari ini. Hal tersebut dikarenakan pada hari itu ALLAH SWT menyelamatkan Nabi Musa a.s dari kejaran Firaun. Bersyukur atas karunia-Nya, Nabi Musa a.s berpuasa pada hari ini.
  • (1247) Abu Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda “Puasa yang paling utama sesudah puasa bulan Ramadhan adalah puasa dibulan Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam” (HR. Muslim)
  • Oleh karena itu Rasulullah saw. menganjurkan kepada umat Islam untuk melaksanakan shaum assyurra (shaum hari kesepuluh di bulan Muharram ditambah dengan shaum sehari sebelum atau sesudahnya
  • Al Iman Abu Daud meriwayatkan dalam Sunan nya dari Abu Qatadah ra.

وَصَوْمُ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ إنِّي أَحْتَسِبُ عَلَى اللّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَنَة َالتِيْ قَبْلَهُ
“Dan berpuasa di hari assyura, sungguh saya mengharap kepada Allah bisa menggugurkan dosa setahun yang lalu”

Dan ini keutamaan dari Puasa 10 Muharram :

  • Dari Ibnu Abbas r.a, Rasulullah saw. bersabda “Barang siapa yang berpuasa pada hari Aasyura (10 Muharram) maka Allah S.W.T akan memberi kepadanya pahala 10,000 malaikat dan barang siapa yang berpuasa pada hari Aasyura (10 Muharram) maka akan diberi pahala 10,000 orang berhaji dan berumrah, dan 10,000 pahala orang mati syahid, dan barang siapa yang mengusap kepala anak-anak yatim pada hari tersebut maka Allah S.W.T akan menaikkan dengan setiap rambut satu darjat. Dan barang siapa yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa pada orang mukmin pada hari Aasyura, maka seolah-olah dia memberi makan pada seluruh ummat Rasulullah S.A.W yang berbuka puasa dan mengenyangkan perut mereka.”
  • Lalu para sahabat bertanya Rasulullah S.A.W : “Ya Rasulullah S.A.W, adakah Allah telah melebihkan hari Aasyura daripada hari-hari lain?”. Maka berkata Rasulullah S.A.W : “Ya, memang benar, Allah Taala menjadikan langit dan bumi pada hari Aasyura, menjadikan laut pada hari Aasyura, menjadikan bukit-bukit pada hari Aasyura, menjadikan Nabi Adam dan juga Hawa pada hari Aasyura, lahirnya Nabi Ibrahim juga pada hari Aasyura, dan Allah S.W.T menyelamatkan Nabi Ibrahim dari api juga pada hari Aasyura, Allah S.W.T menenggelamkan Fir’aun pada hari Aasyura, menyembuhkan penyakit Nabi Ayyub a.s pada hari Aasyura, Allah S.W.T menerima taubat Nabi Adam pada hari Aasyura, Allah S.W.T mengampunkan dosa Nabi Daud pada hari Aasyura, Allah S.W.T mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman juga pada hari Aasyura, dan akan terjadi hari kiamat itu juga pada hari Aasyura !”

Jadi, mudah-mudahan kita menjadi manusia yang beruntung karena memiliki iman Islam dan Allah swt memberikan kesempatan untuk melaksanakan ibadah yang insya allah akan mempertebal iman kita.
Dan soal penghapusan dosa kecil setahun yang lalu, ya anggap saja kalau itu adalah sebuah bonus yang akan Allah berikan kepada kita pada akhirnya. Karena saya dan kita percaya bahwa tidak ada yang sulit untuk Tuhan pemilik semesta alam ini. Wallahu’alam

Allah SWT pun menjadikannya bulan ini Istimewa, mengapa kita tidak melakukan sesuatu yang Istimewa juga ?

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al Hasyr: 18)



my only beloved enemy

Perempuan berusia nyaris 55 tahun,
seperti kami semua, dia tak pernah merayakan ulang tahunnya setiap 6 Januari
kami hanya patungan membelikannya kue tart untuk dimakan bersama

Perempuan yang sekilas terlihat sinis,
tapi percayalah, hatinya sangat lembut dan menyenangkan ketika kami berada didekatnya
dia hanya perlu waktu untuk mengenal orang baru yang hadir dalam kehidupannya

Perempuan yang mudah tertawa,
tetapi kadang amarahnya membuat kami semua enggan untuk berdekatan dengannya
dia hanya memerlukan sedikit waktu saja untuk merajuk, dan sekejap saja dia akan tertawa kembali

Perempuan yang menyukai sesuatu yang tertata rapi
tapi ketahuilah, bahwa dia mudah bertoleransi untuk sedikit kehiruk pikukan yang kami buat
dia hanya akan mengomel sebentar dan kemudian dia akan kembali seperti tidak pernah terjadi apa-apa

Perempuan yang kadang memiliki bahasa yang berbeda tentang cinta
definisi yang berlawanan arah dengan yang kita pikiran,
bukti nyata yang kadang sangat berbeda dengan kami dalam mewujudkan rasa cinta itu

Itu Ibu,

Perempuan yang paling sering berselisih paham denganku
Perempuan yang kerap kali beradu pendapat denganku

Ibu,

Pengorbanan

Cinta

dan Kasih Sayang


Ibu,

Berjanjilah untuk menemaniku sepanjang hidupku,
Berjanjilah untuk mengiringi hidupku dengan doa mu

Ibu,

Jika ada sesuatu yang hebat, besar dan luar biasa…
itulah cintaku padamu
hanya waktu saja yang masih menyembunyikan itu semua

Ibu,

Jika Tuhan berkenan, biarkanlah aku membahagiakanmu sampai akhir hidupku
Biarkan aku menemanimu sampai akhir hayatku
Izinkan aku untuk menjagamu sampai kita berdua menyadari bahwa hanya kasih sayang lah alasan aku ada untukmu

Ibu,

Cinta ini tak terbendung, tak terhentikan, tak terbatas
Hanya terkadang bahasa, gaya bicara dan perilaku yang kadang tak mencerminkan itu semua
Tapi percayalah,
Cintaku kepadamu tergambar ketika aku bersyukur kepada Tuhan, bahwa aku lahir dari rahim mu

Ibu,

Izinkan aku untuk menjadi seperti mu
menjadi seorang ibu yang dicintai kekasih hati

Terimakasih untuk menjadi Ibu ku….
Hanya Tuhan yang tau seberapa besar rasa cintaku kepadamu


Perempuan

Dari obrolan dengan seorang yang nampaknya ketebalan imannya semakin lama semakin menebal dan kokoh, dia memaparkan panjang lebar mengenai Poligami
Sebuah topik yang agak riskan untuk dibicarakan dengan perempuan seperti saya yang tidak setuju dengan praktek tersebut – apapun alasannya. Sepertinya saya terbentuk untuk menjadi perempuan yang akan hidup aman dan tentram apabila menjalankan hidup secara monogami, saya seorang kuda laut yang hidup hanya untuk satu pasangan selamanya.
Dia menerangkan panjang lebar menganai mengapa bisa terjadi poligami dan mengapa Allah mengizinkan umatNya untuk berpoligami

Berangkat dari Ayat dalam Surat An-Nisaa (4:3)
Dan jika kamu takut tidak dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bila kamu mengawininya), maka kawinilah perempuan-perempuan (lain)  yang kamu sukai, dua, tiga, tiga atau empat, tetapi jika engaku takut tidak akan dapat berlaku adil, maka seorang saja. Yang demikian itu lebih dekat supaya kamu tidak berlaku aniaya”
Ayat ini sepertinya dijadikan pegangan ketika seseorang akan berpoligami atau tidak

Masalahnya sekarang,
Sebagai perempuan, bisakah pasangan kita berlaku adil?mengingat bahwa kita semua adalah manusia biasa yang mempunyai banyak kelebihan dan kekurangan? Bisakah pasangan kita membagi hati, rasa kasih dan sayangnya menjadi dua bagian yang sama?

Sepertinya memerlukan tingkat keimanan yang sangat-sangat tinggi untuk membiarkan pasangan kita berpoligami dan kita merasa ikhlas lillahita’ala atas perbuatannya itu

Kesetiaan sepertinya mengenal gender
Hitungan kasar, dari 3 perempuan janda yang saya temui didalam keluarga besar saya, kesemuanya ditinggal meninggal pada saat usia mereka sekitar 40-48 tahun, dalam posisi membesarkan anak-anaknya. Menikah lagikah mereka? Tidak. Alasannya secara garis besarnya mungkin sentimentil, karena cinta. Mereka memutuskan untuk tidak menikah lagi karena rasa cinta itu hanya milik pasangannya saja dan tidak mungkin untuk tumbuh lagi. Mereka berperan sebagai ibu, kepala keluarga, seseorang yang tentu saja bisa diandalkan untuk urusan rumah tangganya. Berhasilkah mereka? Alhamdulillah.
Tapi berbeda dengan laki-laki, tanpa saya paparkan panjang lebar disini, banyak laki-laki yang tidak sehebat para perempuan dalam urusan yang sama. Wallahu’alam

Kembali lagi ke masalah Poligami
Setelah saya mengetahui, bahwa ada ayat dalam kitab suci yang mengatakan seperti itu, saya tidak lagi menentang atau tidak setuju dengan tindakan orang-orang untuk berpoligami. Tapi bila Allah berkehendak, saya tidak menginginkan adanya poligami dalam kamus kehidupan saya, tingkat keimanan saya dalam hal ini mungkin tidak akan sampai pada level yang tinggi yang akan merasa ikhlas untuk melihat pasangan saya berpoligami. Insya Allah

Mengutip perkataan Habiburahman El Shirazy berikut ini
“Poligami itu rukhsah (keringanan dari Allah) saja. Seperti shalat boleh duduk bagi orang sakit. Seperti shalat jama dan qashar bagi orang yang berpergian jauh. Asal syariatnya ya monogami.Artinya kalau dalam kondisi normal yang utama tetap monogami. Jika poligami mendatangkan mudharat, bukan manfaat, hukumnya bisa makhruh, bahkan haram. Jadi tidak sembarangan. Berbuat adillah ia lebih dekat dengan taqwa, kata Allah dalam Al-Quran, dan monogami itu lebih adil jadi lebih dekat pada taqwa

Semoga Allah SWT berkenan mengabulkan keinginan saya ini. Amien


Duh..!!

sleepTadi malam gue lupa berdoa sebelum tidur,
Ga yakin juga kenapa gue bisa sampe lupa baca doa, meskipun doanya pendek – yang berarti seharusnya bisa dibaca dalam waktu yang sangat singkat – tapi tetep aja kelewat
Karena sugesti, walhasil tadi malem gue mimpi buruk
Bukan-bukan, bukan mimpi dikejar setan (meskipun kalo beneran mimpi dikejar setan juga gue ga mau), tapi mimpi yang engga banget, dan sukses bikin gue sedih beberapa saat pas bangun dari kasur menuju kamar mandi

Tadi malam gue lupa untuk bersyukur untuk hari yang udah dijalanin dan untuk hari besok
Banyak hal yang terjadi dalam hidup gue sehari itu
Menyenangkan, bikin gue bersemangat dan banyak hal baik yang terjadi
Mungkin kepala gue semalam terlalu susah buat diajakin berpikir bentar untuk mengabsen banyaknya nikmat yang gue terima dan berucap syukur

Malam ini gue ga boleh tidur terlalu larut,
Biar Doa sempet terucap dari Hati
Dan ada Rasa Syukur yang keluar dengan lisan dari mulut

Bismika Allahuma’ahya wa bismika amut


Butterfly and Flower

Once there was a man who asked Allah for a flower dan a butterfly
But instead Allah gave him a cactus and a cartepillar
The man was sad, he didn’t understand why his request was mistaken
Than he thought ” Oh well, Allah has too many peoples to care for…” and decided not question

After some time, the man went to check up on his request that he had left forgotten
To his surprise, from the thorny and ugly cactus a beautiful flower had grown
and the unsightly cartepillar had been transformed into the most beautiful butterfly

Allah always does things right
His way is always the best way
Even if to us it seems all wrong

If you asked Allah for one thing dan received another, TRUST
You can be sure that he will always give you what you need at the appropriate time

What you want, is not always what you need

Allah never fails to grant our petitions, so keep on going for Him
Without doubting or murmuring
Allah gives the very best to those who leave the choices up to Him

May ALLAH Bless You

Semoga hati kita selalu diberi kelapangan, kemudahan dan keikhlasan untuk menerima apa yang akan dan telah Allah berikan. Dan kepercayaan hati untuk selalu merasa dan meyakinin bahwa yang Allah berikan adalah yang terbaik untuk kita dan semuanya. Insya Allah

berdoa